Sabtu, 23 Juli 2011

Macam-macam Tang


fungsi tang kombinasi & tang pemotong

3. Tang : alat ini digunakan untuk mencengkeram, memotong dan memutar kawat atau kabel. Jenisnya ada bermacam-macam seperti :
- Tang Kombinasi (multigripplier) : besarnya rahang bisa disetel sesuai dengan benda yang bakal dijepit. Hindari penggunaan tang kombinasi sebagai pengganti kunci pas untuk membuka atau mengencangkan baut.
- Tang Pemotong : untuk pemotong kawat atau kabel. Jangan gunakan untuk memutuskan kawat yang terlalu keras.

b. Tang
ada bermacam - macam bentuk tang, antara lain :

… tang kombinasi
tang ini dapat dipakai untuk beberapa keperluan : memegang benda kerja, memotong dan memuntir

… tang pembulat
biasanya digunakan untuk membuat mata itik.

… tang pemotong
digunakan hanya untuk memotong kawat, tembaga, seng, dll

… tang pemegang
dipakai untuk memegang benda kerja dengan mulut tang yang lebar dan poros yang dapat digeser atau dirubah.

… tang kakak tua
dipakai untuk menjepit atau mencabut paku.

Peralatan yang tepat akan membantu memudahkan apa yang Anda lakukan sekaligus menyingkat waktu dalam mengerjakannya. Selain itu dengan peralatan yang tepat, hasil akhir dari rancangan dan buatan Anda akan terlihat lebih rapi dan professional.
Anda mungkin mengira dapat menggunakan tang biasa yang umumnya tersedia di pasaran dan sering digunakan tukang listrik dan bangunan. Tetapi kenyataannya peralatan tang yang digunakan untuk membuat perhiasan sangat berbeda dengan tang yang digunakan oleh tukang listrik dan bangunan. Tang untuk mengerjakan perhiasan mempunyai ukuran lebih ramping sesuai dng jenis pekerjaan Jewelry yang membutuhkan ketelitian, dan mempunyai bermacam macam bentuk ujung yang berbeda sesuai dng fungsinya
Bersama artikel ini kami SmartyHands berusaha memberikan penjelasan singkat mengenai jenis dan masing masing fungsinya. Anda tidak wajib mempunyai semua jenis tang berikut ini untuk memulai membuat perhiasan, namun paling tidak ada 3 jenis tang yang sebaiknya anda punyai sebagai dasar. (saya beri ♥)
Slim line #1, round nose / 1pc

Round Nose ♥

Tang ini mempunyai ujung bulat dan mengerucut runcing, digunakan untuk membuat lengkungan, lingkaran dan lilitan dari material seperti kawat atau lembaran metal lainnya. Sepasang tang jenis ini akan membuat hasil akhir rancangan Anda lebih rapi karena Anda lebih menguasai material yang Anda gunakan. Tang jenis ini akan memudahkan Anda memasukkan mata ornamen ke dalam kawat
Slim line #2, chain nose / 1pc

Chain Nose ♥

Ini adalah tang yang umum dan paling populer dipakai perangkai perhiasan, biasanya digunakan untuk mencengkeram dan membengkokkan atau menekukkan kawat. Ada dua macam tang jenis ini, yaitu dng paruh pendek dan paruh panjang (short chain nose dan Long chain nose). Perbedaan ini ditujukan untuk jenis pekerjaannya apakah lebih enak menggunakan yang pendek atau panjang. Kalau anda ragu ragu pilih saja yang pendek (lebih stabil untuk dipegang)
Slim line #4, flat nose / 1pc

Flat Nose ♥

Mempunyai permukaan ujung jari yang rata dan lebar yang juga berfungsi untuk mencengkeram dan menekukkan atau melengkungkan kawat.
Slim line #3, bent nose / 1pc

Bent Nose.


Tang ini memiliki bentuk khusus dengan bagian ujung paruh yang melengkung Bentuknya yang seperti itu memudahkan kita untuk menggenggam kawat dan menekuknya hingga menjadi gelungan yang melingkar sempurna. Bentuknya yang demikian juga memudahkan kita untuk menjangkau area yang sulit digenggam oleh tang paruh rata. Tang jenis ini umumnya lebih disukai para pembuat perhiasan karena membuat pergelangan tangan tetap lurus sehingga tangan tidak mudah lelah.
Slim line #5, side cutter / 1pc

Cutter (tang potong)


Ada beberapa macam tang potong tapi yang paling sering digunakan adalah tang Side Cutter. tang ini digunakan untuk memotong kawat atau lembaran metal kecil dengan hasil permukaan potong yang relatif rata. Permukaan pegangan yang dekat dengan ibu jari dan jari lainnya akan mempermudah pekerjaan Anda
Ada jenis lainnya dari tang tipe ini, yaitu Tang Oblique Cutter/Nippers. Tang potong ini memiliki permukaan potong sama dengan tang potong samping tetapi perbedaannya ada pada posisi mata potong yang miring. Jenis tang potong lainnya adalah Tang Memory Wire Cutter. Kawat yang kuat, tebal dan kaku memiliki kesulitan sendiri untuk memotongnya. Dibutuhkan tang khusus yang lebih kuat daripada tang potong samping. Bukannya tang potong samping tidak mampu memotong kawat kaku, tapi kawat itu sendiri akan merusak mata potong dari tang. Karena itu digunakan tang potong kawat kaku. Tang potong kawat kaku dirancang untuk pekerjaan berat memotong kawat yang tebal dan kuat. Selain itu ada Tang End Cutter. Tang ini berbeda dengan ketiga tang potong yang disebut sebelumnya. Jika ketiga tang potong sebelumnya memiliki mata pemotong di sepanjang sisi samping, maka Tang End Cutter ini mata pemotongnya justru dibagian ujung depan rahangnya. Bentuk dan sudut dari mata potongnya menentukan hasil akhir potongan metal atau kawat yang kita inginkan.
Nylon jaw flat nose pliers

Nylon Jaw.


Tang dengan permukaan berlapis Nylon plastik ini biasanya digunakan untuk Wire craft (Jewelry yang banyak menggunakan kawat) permukaan yang berlapis nylon ini akan melindungi permukaan kawat (atau bahan kerja lainnya) agar tidak rusak (berbekas).
Tang dengan lapisan nylon-pun ada bermacam macam bentuk ujungnya, salah satunya dng ujung lebar dan rata sangat bermanfaat untuk meluruskan kawat yang bengkok agar menjadi lurus dan lebih keras (mengenai hal ini saya akan bahas dikemudian hari mengenai cara mengeraskan kawat (hardening wire)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar